;
SELAMAT DATANG DI BLOG "INBOXKITA"
Warning !

Wednesday, July 3, 2013

METODE BARU : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK YANG BAIK DAN BENAR

DOWNLOAD

Wednesday, July 3, 2013

 

Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas



Judul :

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR “BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL” MENGGUNAKAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2011-2012



BAB I ( PENDAHULUAN )
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Hipotesis Tindakan.


A. Latar Belakang Masalah
          (Alenia 1 )
IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD sampai SMP. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generali- sasi yang berkaitan dengan isu sosial. Mata pelaja- ran ini diberikan karena di masa yang akan datang siswa akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pela- jaran IPS dirancang untuk mengembangkan penge- tahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam mema- suki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.

          (Alenia 2 berisi kenyataan dalam pembelajaran )

                  Namun demikian berdasarkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1Kota Kediri dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sis-wa pada kompetensi dasar “mengidentifikasi bentuk- bentuk interaksi sosial” masih harus ditingkatkan. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran, guru masih kesulitan mencapai ketuntasan belajar minimal baik secara individual maupun secara klasikal. Nilai rata- rata yang didapatkan siswa sebesar 73,19 sementara SKBM untuk mata pelajaran IPS adalah 75. Sedangkan ketuntasan belajar minimal klasikal sebesar 66,7%, berarti 18,3% lebih rendah dari ketentuan ketuntasan belajar minimal kasikal, yaitu sebesar 85%.

          (Alenia 3 Berisi faktor penyebab masalah )

                 Berdasarkan dari hasil refleksi terhadap proses pembelajaran, kondisi yang terjadi di kelas tersebut di-sebabkan oleh penggunaan strategi pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran masih didominasi oleh penekanan pada aspek pengetahuan dan hanya sedikit yang mengacu pada pelibatan siswa dalam pro-ses pembelajaran. Sistem pembelajaran yang dikem- bangkan masih menerapkan pola pendidikan tradisio- nal yang bertumpu pada teori belajar behavioristik. Belajar diartikan sebagai perubahan perilaku yang dapat diamati, sehingga siswa penerima yang pasif sedangkan guru penyampai pengetahuan dan feedback yang aktif.
          (Alenia 4 Berisi Bentuk Tindakan )

                 Agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal maka dalam penelitian ini akan diterapkan Quantum Teaching. Menurut model pembelajaran ini, guru harus mampu mendorong munculnya interaksi- interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Tu- juan belajar adalah meraih sebanyak mungkin cahaya: interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya. Peningkatan hasil belajar dengan mengguna- kan Quantum Teaching disebabkan siswa akan menda-patkan pengalaman belajar yang lebih lengkap dan menyenangkan sehingga dapat mempertajam pema- haman, daya ingat, dan membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.


B. Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dijabarkan di atas maka permasa- lahan yang dirumuskan adalah:
"Bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa? "


C. Tujuan Penelitian
 Sesuai dengan permasalahan yang telah rumuskan di atas maka tujuan yang ingin di- capai dalam penelitian ini adalah:

"Menerapkan pembelajaran mengguna- kan Quantum Teaching untuk mening- katkan hasil belajar siswa. "



D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat memberikan manfaat, antara lain:
1) Secara teoritis; hasil penelitian ini dapat diguna- kan untuk menambah khasanah pengetahuan, yaitu dalam melakukan penelitian tindakan kelas mata pelajaran IPS, khususnya untuk mengem- bangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi mata pelajaran IPS sehingga pro- ses pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal.

2) Bagi kepala sekolah; hasil penelitian ini merupa- kan salah satu bahan masukan dalam menetap- kan kebijakan pengembangan pembelajaran, khususnya dalam menentukan strategi pembela- jaran yang tepat untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
3) Bagi guru; hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran.

E. Hipotesis Tindakan.
Berdasarkan analisis teoritik yang telah dilakukan serta mempertimbangkan bukti- bukti empiris yang menjadi obyek penelitian maka dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:
"Penerapan pembelajaran menggunakan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa."

BAB II ( KAJIAN PUSTAKA )

A. Kajian Tentang Quantum Teaching
B. Kajian Tentang Hasil Belajar
C. Kerangka Berpikir

A. Kajian Tentang Quantum Teaching
1.Pengertian Quantum Teaching
....................................................................

2. Landasan Teoritis Quantum Teaching
………………………………………………………………….

3. Prinsip Quantum Teaching
………………………………………………………………….

4. Kerangka Rancangan Quantum Teaching
…………………………………………………………………
§Kemukakan teori-teori yang menjadi dasar pene- rapan bentuk tindakan.
§Kemukakan ringkasan hasil penelitian yang pernah ada tentang penerapan bentuk tindakan yang sama.

Untuk Selanjutnya Silahkan Download File dibawah ini :







1. Link 1 ( JUDUL PTK 1 ) : Password & Download
 
2. Link 2 ( JUDUL PTK 2 ) : Password & Download











ARTIKEL LAINNYA :
inboxkita's Profile on Ping.sg
SEMOGA INFORMASI INI BERMANFAAT BAGI ANDA

Agung Budianto - 5:10 PM
INFORMASI TERBARU :

Pengumuman Resmi Hasil Tes Tulis SBMPTN 2013
METODE BARU : CARA MENYUSUN LAPORAN PTK YANG BAIK DAN BENAR New !
Klasemen PERSENGA NGANJUK DIVISI UTAMA LPIS 2013
DOWNLOAD FILM 5 CM (2012) FULL MOVIE DVDRip 580p 600MB New !
Iklan Terbaik Indonesia 2013 Di blog InboxKITA

DROWSSAP