Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran ekplorasi terbatas dan tidak terbatas, minat siswa terhadap hasil belajar passing bawah bola voli,serta interaksi antara metode pembelajaran eksplorasi dan minat siswa terhadap hasil passingbawah bola voli. Penelitian ini eksperimen, dengan disain factorial 2x2. Populasi penelitian232 siswa kelas VIII SMP N 3 Wanasari Brebes. Sampel 40 siswa dibagi 4 kelompok, setiapkelompok 10 siswa pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data digunakanuji anova dua arah taraf signifikansi 95%, dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian: (1) Perbedaanmetode pembelajaran eksplorasi terbatas dan tidak terbatas Fo 79,433 > Ft 4,113,(2) Perbedaan minat siswa tinggi dan rendah Fo = 30,923 > Ft = 4,113, (3) Interaksi antarametode pembelajaran eksplorasi dan minat siswa terhadap hasil passing bawah bola voli Fo =4,230 > Ft = 4,113. Simpulan: (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran ekplorasiterbatas dan tidak terbatas, metode pembelajaran eksplorasi terbatas lebih baik dibandingkan metode pembelajaran eksplorasi tidak terbatas. (2) Ada perbedaan pengaruh siswa yang memilikiminat tinggi dan minat rendah, minat siswa yang tinggi lebih baik dibandingkan minatsiswa yang rendah. 3) Ada interaksi antara metode pembelajaran eksplorasi dan minat siswaterhadap hasil passing bawah dalam permainan bola voli. Sarankan bagi guru Penjasorkesuntuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dengan metode pembelajaran eksplorasi terbatas dan perlu meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran.
Selengkapnya Lihat Sumber
|
Agung Budianto