Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar
- sobat lagi menyusun skripsi ya??? masih belum paham
bagaimana cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar dalam skripsi?
atau malah belum nulis Latar Belakang Skripsi dan Kata Pengantar or belum paham tentang Bagaimana cara menulis abstrak
?? Oke sobat boleh dibaca noh postinganku lengkap kok disitu, sekarang
kita mau fokus dulu ke daftar pustaka or references. Berikut akan
kusajikan bagaimana cara menulis daftar pustaka dalam skripsi beserta
contohnya langsung dari daftar pustaka skripsi ku sendiri hehehe
Well, sekilas aku jelasin nih sobat mengenai penulisan daftar pustaka
dalam skripsi sebagaimana yang kubaca di "buku panduan skripsi" kami
(mungkin sama juga dibuku panduan menyusun skripsi punya sobat
dikampus),..
a. Penulisan nama pengarang itu diketik tanpa gelar
b. Diketik satu spasi dan jarak dua spasi untuk buku berikutnya
c. Disusun secara alpabetis dan tidak diberi nomor urut
d. Urutan penulisan :
- Nama Penulis (tanpa gelar), tahun penerbitan, judul buku (garis
bawahi atau cetak miring/tebal), kota penerbit, nama
penerbit)
- Nama Keluarga diahulukan dari nama sendiri
- Bila buku tersebut ditulis oleh dua pengarang, pada penuh nama
pengarang disisip dengan kata "dan" diantara dua pengarang
tersebut, nama pengarang ditulis lengkap tanpa gelar
- Bila buku tersebut ditulis oleh lebih dari dua pengarang, diketik
dengan membuat nama pengarang pertama dan ditambah
dengan kata "dkk" atau "et al"
- Bila tidak ada pengarang tertentu , langsung ditulis judul bukunya
- Kalo bukunya buku terjemahan maka nama pengarang asli harus tetap dicantumkan
- Artikel atau tulisan-tulisan dimajalah atau surat kabar juga harus
diperhatikan tata penulisannya (lihat nanti contoh
penulisan daftar pustaka dibawah)
- Perhatikan kutipan dalam kutipan
- Perhatikan penulis yang mengutip kutipan dan menemukan sumber aslinya
- Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet
Untuk diperhatikan : Setiap
permulaan kata harus diketik dalam huruf besar ya sobat, kecuali kata
penghubung kayak dan, atau, tentang, dan kata penghubung dalam bahasa
inggris, seperti in, of, on, about, the dll.,kalo itu diketik dalam
huruf kecil.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh penulisan daftar pustaka skripsiku tercinta hehhe :)
REFFERENCES
Adam,
Stephen. 2004. Using Learning Outcome: A consideration of the nature, role, application and
implications for European education of employing .learning outcomes. at the
local, national and international levels. Scotland: Scottish Executive.
Anwar,
Khoirul. 2010. Ekonomi Bilingual.
Bandung: Yrama Widya
Arami, Ahmad. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi
Aktivitas Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII
IS 1 SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2012/2013. Medan. Skripsi FE Unimed
Arikunto, Suharsimi et al. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
2008. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara
Aqib, zainal et al. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Akar, Elvan.
2005. Effectiveness
of 5E Learning Cycle Model on Students’ Understanding of Acid-Base Concepts. Ankara. Thesis of Middle East Technical University
Azhar, Rofa Yulia. 2012. Model Pembelajaran 7E. http://share-pangaweruh.blogspot.com/2012/07/model-pembelajaran-7e.html. Accessed February 22nd 2013
Baker, C.R.
2006. Using Action
Research to Promote Increased Academic Success for Educationally Disadvantaged Students. Global Perspectives on Accounting Education Volume 3, 1-21
Bentley, et al.
2007. The 7-E’s Learning Cycle. Biology Module : Teaching Constructivist Science
K-8 Page 117-119.
Arkansas Development of Education
Brown, Hillary. April 2004. Action Research
Classroom: A process that Feeds the Spirit of Adolescent. International Journal Qualitative Method. Volume 3.
Cain,
T. 2011. Teachers’ Classroom-Based-Action Research. International Journal of Research & Method in
Education. Volume 34. No.1
Campbell and Fuller. 2007. A
Teacher’s Guide to the Learning Cycle. Lincoln. Article of University of
Nebraska.
Chandra. 2012. What is the Use of Accounting. http://dilipchandra12.hubpages.com/hub/What-is-the-use-of-Accounting. accessed February 17th
2013
Cornelius,
Matthew. 2012. The 5E Learning Cycle and
Students Understanding of The Nature of Science. Montana. Paper of Montana
State University
Demirdag, Baris. 2011. Developing
Instructional Activities Based On Constructivist 7E Model: Chemistry Teachers’
Perspective1. Journal of Turkish Science Education Volume 8, issue 4.
Dimyati and
Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran.
Jakarta: Rineka cipta
Eisenkraft, Arthur. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher Vol. 70, No. 6. In Olliver, Mike. 2003. National Science Teachers Association (NSTA).
Ferrance, Eileen. 2000. Themes in Education Action Research. United States : Northeast and
Islands Regional Educational Laboratory At Brown University
Hakim, Ly.
December 2010. Model Pembelajaran LC
(Learning Cycle). http://learningmodels.blogspot.com/2011/04/2.html. Accessed February 19th
2013
Hall and Keynes. 2005. Action Research A Guide for Associate Lecturers. United Kingdom:
The Open University
Harahap, Sofyan. 2011. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Haryati,
Mimin. (Ed.). 2009. Model & Teknik
Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Jonassen, David.
2000. Learning As Activity: The Meaning
of Learning Project. Missouri: Learning Development Institute University of
Missouri
Kalantzis and Cope. 2012. Learning Activity. http://newlearningonline.com/learning-by-design/glossary/learning-activity/. Accessed February 23rd 2013
Kearsley and Shneiderman. 1999. Engagement Theory: A framework for technology-based teaching and
learning. Science and Development. Naval Sea Systems Command
Kelly, et al. 2000. Use of the Action-Research
Methodology in the Development of Accounting Education. Accounting
Educators’ Journal Volume XII
Kennedy, Declan.
2006. Learning Outcomes in UCC. International
Symposium on Implementing Learning
Outcomes UCC 10 –11
Kolis, Mickey et al. 2011. Designing “Learning” Lessons
for the University Classroom. Teaching Reprts of Currents in Teaching
and Learning Vol.4 no.1
Kurniatin, Dyah Titin. 2010. Penerapan
metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa
kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6
Malang. Malang. Skripsi UM
Linn, Robert. Student Learning, Student Achievement: How
Do Teachers Measure Up. Arlington: National Board for Professional Teaching
Standards
Maryono and
Tisngati (2011). Eksperimentasi
Strategi Pembelajaran Ttw dan Tps di Smpn Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 3, Nomor 2, Desember 2011, hlm. 70-134
Master, Janet.
1995. The History of Action Research. in I. Hughes (ed) Action Research
Electronic Reader, The University of Sydney
Mayes and Freitas. 2004. JISC e-Learning
Models Desk Study Stage 2: Review of E-Learning Theories, Frameworks and
Models. United
Kingdom: Joint Information Systems Committee Report
McNiff, Jean and Jack Whitehead. 2002. Action
Research: Principles and Practice. London.: Routledge Falmer.
Qarareh, Ahmed.O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching
Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science,
4(2): 123-132
Saguaro. 2001. Curriculum Design:
The 5-E Learning Cycle. The Saguaro Project
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Scroggins,
Bill. November 2004. The
Teaching-Learning Cycle: Using Student Learning
Outcome Results to Improve Teaching and
Learning. Workshop Activities and Resource Materials.
Modesto Junior College
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Songer and Ho. 2005. Guiding the
“Explain”: A Modified Learning Cycle Approach Towards Evidence on the
Development of Scientific Explanations. Canada. Paper of The University of
Michigan
Stern and Huber. Active Learning
for Students and Teachers: Reports from Eight Countries. Paris: Peter Lang.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Supriatin. 2012. Penerapan Model
Pembelajaran Learning Cycle 7e Dengan Strategi Team Pair Solo Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Is1 Sma
Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Medan. Skripsi FE Unimed.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tuna and Kacar. 2013. The Effect of
5e Learning Cycle Model in Teaching Trigonometry On Students’ Academic
Achievement and the Permanence of Their Knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their
Implications.Volume: 4 Issue: 1 Article: 07
Uno and Mohamad. 2011. Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi
aksara.
Valizadeh, Katayoon. 2004. Classroom Activities Viewed
from Different Perspectives: Learners’ Voice and Teachers’ Voice. The Electronic Journal for English as a
Second Language Volume 8 Number 3.
Young, M. R. 2010. Action research: enhancing classroom practice and
fulfilling educational responsibilities. Journal
of Instructional Pedagogies. Volume 3.
Yusriati, Ihya. June 2012. Makalah Model Pembelajaran Learning Cycle. http://ihyayusriati.blogspot.com/2012/06/makalah-model-pembelajaran-learning.html. Accessed February 20th
2013
|
Agung Budianto