Berikut ini adalh Contoh RPP berkarakter :
Contoh Silabus RPP Berkarakter Sekolah Dasar (SD/MI)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ...........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : 1 ( satu )/ I (Satu )
Pertemuan ke : I ( Satu )
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi:
- Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
- Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
A. Tujuan Pembelajaran**:
- Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Gerak dasar lokomotor
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
- Siswa dibariskan menjadi empat barisan
- Mengecek kehadiran siswa
- Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
- Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
- Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
- Eksplorasi
- Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah pendek
- Berjalan dengan ujung kaki dan tumit
- Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
- Elaborasi
- Melakukan gerakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan Keberanian ( Bravery )
- Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan ke samping
- Melakukan gerakan melompat dengan satu kaki atau dua kaki
- Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
- Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
- Memperbai1i tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes kls. 1
- Diktat permainan bola kecil
- Pluit
Contoh Silabus RPP Berkarakter SMP/MTS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
- ( memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan -berita)
- Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
- Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
- Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya ( Trustworthines
- Rasa hormat dan perhatian ( respect
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan
Teks wawancara tentang tokoh idola
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Peserta didik Membacakan teks berita
- Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
- Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
- Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
- Eksplorasi
- Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
- Elaborasi
- Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Konfirmasi
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
- Bagan identifikasi pengalaman
- Gambar
- VCD
- Narasumber
- Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Agung Budianto